Minggu, 28 Mei 2017

Promosi Media Youtube


Media alternatif, Youtube, Facebook, & Twitter semakin menarik perhatian perusahaan untuk menanamkan investasinya dalam melakukan branding. Ada 2 iklan yang baru-baru ini menarik perhatian saya, yaitu Good Mood & Keren Kerontang.

 Good Mood berhasil menarik perhatian saya karena mampu memaksimalkan media iklan Youtube dengan sangat baik, yaitu dengan membuat saya menontonnya hingga selesai. Video yang dibuat bukan dengan alur maju, namun mundur. Kejadian luar biasa yang dialami pemeran utama, dikejar-kejar zombie ber-budget minim.



Dari sisi cinematografi dan penyampaian pesan, Good Mood tidak mampu membuatnya dengan baik. Kita tahu warna, bentuk, dan nama produk, namun tidak ada “Action Button”, akunnya pun tidak menampilkan informasi berarti tentang bagaimana konsumen mendapatkan produk tersebut. Yang akhirnya mengharuskan saya meminta petunjuk ke Mbah Gugel (Google). Petunjuk yang diberikan mengantarkan saya ke situs BPOM* dan Bukalapak**. Entah ini merupakan strategi markeeters mereka untuk menciptakan rasa penasaran hingga diburu, seperti awal eskrim Magnum & Maicih. Atau kesalahan dari markeeters dalam memanfaatkan “Action Button”. Saran saya untuk Good Mood untuk tidak lupa membuat “Action Button” pada media promosinya. Dalam videonya, fokus pada akibat bad mood karena tidak meminum Good Mood. dan kepada Suntory agar muncul, sehingga orang-orang akan terpatri merek Suntory.



Keren Kerontang, sekali lagi Ramayana membuat video promosi yang luar biasa, lead marketingnnya dapet banget, #KerenHakSegalaBangsa. Dengan tidak meninggalkan target konsumennya, namun dikemas dengan sangat menarik. Menjadi keren tidak hanya hak orang kaya, namun kelas menengah-kebawah bisa menjadi keren. Model-model yang menjadi peran sangat menangkap segmen pasar Ramayana. Menyentil nasionalisme dengan lead #KerenHakSegalaBangsa. Cinematografi yang unik. Setelah menyasar anak muda & anak kecil dengan promosi sebelumnya, kini Ramayana menamcapkan taji-nya ke generasi X dan late Baby Boomer dengan video gaya 80-an. Ramayana sebagai pemilik lead pun selalu teringat, tidak hanya produk yang ditawarkan. Sungguh, Ramayana mampu memaksimalkan utilitas dari Internet. Standing ovation untuk Ramayana.

 Arya CY

*http://www.pom.go.id/mobile/index.php/view/webreg/EREG301301201600013/02/Minuman-Rasa-Jeruk-.html
 **https://www.bukalapak.com/p/food/minuman/7yjtl1-jual-good-mood-lemon-madu-500ml-3-pcs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar