Rabu, 17 Agustus 2016

Marketing: Segmenting, Targeting, & Positioning

Hi, Kaskusers

Selamat datang di threads pertama ane

Ane baru lulus setahun dan disini saya ingin membagi sedikit ilmu saya pelajari selama lima tahun :mewek . Kenapa saya membuat tulisan ini karena banyaknya antusiasme masyarakat Indonesia, khususnya kaskuser untuk berwirausaha. Namun, penuturan dari teman saya yang sempat membuka konsultasi bisnis, ternyata masih banyak yang awam tentang bagaimana bisnis itu berjalan. Beragam buku yang mendorong orang untuk berwirausaha, tapi apakah ada buku yang mengungkap secara lengkap tentang bagaimana bisnis itu berjalan? atau pahitnnya ketika memutuskan untuk berwirausaha dan membuat suatu bisnis?

Dalam bisnis ada empat topik utama yang dapat diperhatikan mulai dari keuangan, operasi, sumber daya manusia, dan pemasaran. Topik-topik khusus lainnya merupakan turunan dari keempat topik utama ini. Tapi, sekarang saya ingin berbagi mengenai pemasaran, khususnya mengenai STP (Segmenting, Targeting, & Positioning) atau dalam bahasanya segmentasi, sasaran, dan pemosisian dasar dari pemsaran yang harus diketahui para pemasar.

[B]Segmenting[/B]
[QUOTE][img]http://images.wisegeek.com/market-segmentation.jpg[/img]
Segmentasi adalah tentang bagaimana membagi sasaran pasar yang luas menjadi berbagai bagian berdasarkan lokasi, hobi, atau bahkan sifat atau perilaku berdasarkan produk yang dipasarkan. Kenapa harus dibagi-bagi? Pembagian ini berguna untuk mengetahui informasi mengenai calon konsumen. [/QUOTE]

[B]Targeting[/B]
[QUOTE][img]https://jonahjeng.files.wordpress.com/2015/02/american-sniper-scope-close-up.jpg[/img]
Jika penembak jitu yang handal adalah mereka yang mampu menembak sasaran dengan tepat, pemasar yang baik adalah yang mampu membidik :heart: konsumen dengan tepat. setelah agan membagi-bagi konsumen agan berdasarkan katagori yang sudah agan bikin, langkah selanjutnya adalah membidik calon konsumen. Pilih calon konsumen yang sesuai dengan produk yang agan jual. Misalkan agan berjualan jaket, maka target pasarnya adalah mereka yang tinggal digunung, bukan yang tinggal dipantai karena :mads gerah broo. [/QUOTE]

[B]Positioning[/B]
[QUOTE][img]https://strategicthinker.files.wordpress.com/2012/05/perceptual-map.jpg[/img]
Berikutnya adalah positioning. Nah pada tahap ini agan harus memperhatikan para pesaing agan. Dengan memetakan produk agan, agan menjadi tahu bagaimana persepsi konsumen dibadingkan dengan pesaing. Tentu agan tidak harus unggul disemua bidang, tapi memiliki keunggulan disatu bidang, dan menggunakannya untuk dipasarkan jauh lebih baik dibandingkan dengan produk yang biasa-biasa saja.[/QUOTE]

Maah gan kalo thread ane masih nubee :malu