Jumat, 25 Juli 2014

12 Angry Man

Pernahkah diantara kalian yang pernah menonton film 12 Angry Man? Film yang berdurasi 96 menit menceritakan tentang 12 orang juri yang menetukan hukuman mati anak muda berkulit hitam berusia 18 tahun yang menjadi tersangka terhadap pembunuhan bapaknya sendiri. Film ini berada pada urutan ke 7 film dengan rating tertinggi menurut website IMDb.com.

Menurut saya film ini salah satu film istimewa, mengapa? Karena 12 Angry Man adalah film hitam putih, bersaing dengan film berwarna dan visual efek yang menajubkan mata. Bahkan sebuah film sangat sederhana, yang membuat kita terpana. Film bukanlah sekedar media hiburan, tapi alat untuk meyakinkan penonotonya. Meyakinkan penontonnya bahwa apa yang mereka lihat memang benar-benar terjadi. Untuk film fantasi diperlukan make up, CG, dll untuk meyakinkan kepada penonton bahwa ada sihir, elf, dwarf diluar sana. Tapi 12 Angry Man jauh lebih mendasar dari itu. Film ini mampu meyakinkan kita bahwa ada seorang anak yang sedang diadili dan diperlakukan tidak adil karena perbedaan warna kulit. Kemudian, karakter utama yang berusaha membela hanya karena menginginkan adanya kesempatan yang sama bagi setiap orang dalam proses hukum, dan saat ini kita jarang menyebutnya dengan keadilan.
Dialog yang terjadi serasa begitu alami al'a Amerika tahun 1950an dan pengembangan karakter yang membuat film ini terasa begitu menarik untuk disimak. Bagi yang suka berdebat dan meyakinkan orang lain, film ini tidak boleh ketinggalan untuk ditonton.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar